Selasa, 24 Maret 2009

Demi Kesehatan

Hampir setiap bulan,satu kali di hari Selasa,aku meluangkan waktu buat nganter ibu check up di RS yang bisa pake kartu asuransi kesehatan dari negara itu..

Mungkin karena murah dan setiap orang (sepertinya) bisa mendapatkan kemudahan,ni tempat kalo pagi udah kaya 5 pasar dijadiin 1,rammeeee..
Mulai dari anak kecil baru brojol nangis huahuaa,mbak-mbak yang mau tes lab,sampe bapak-bapak yang linu giginya..

Mereka ngantri di loket dah kaya mo dapet BLT,mondar-mandir sambil bawa hasil rontgen,dan ada yang tenang-tenang duduk sambil terkantuk-kantuk..

Mungkin udah biasa kalo pas nganter ibu ke poli tu,jam1/2 8 yang namanya antri udah di urutan 60 sekian..jadi,usut punya usut ternyata beberapa orang dateng jam 1/2 6 pagi buat ambil antrian awal,pulang,trus balik lagi jam 8..tapi yang rumahnya di ujung kota harus rela berangkat dari rumah habis subuh,ckckck,demi...

Menunggu bagi sebagian orang sangat menjemukan,tapi demi kesehatan apapun dilakukan,termasuk memanfaatkan "orang dalam"..
Sedikit tidak setuju dengan tindakan-tindakan seperti ini,disaat yang lain sudah ngantri dengan mringis nahan sakit,kita yang biasa aja malah seenaknya sendiri main nyalip..but,i've ever been..

Satu hari beberapa bulan lalu,aku (kembali) harus memeriksakan sesuatu,sendiri..sedikit takut karena terakhir ke area ini 2 tahun lalu dan ga tau akan divonis apalagi...Ibu menyuruhku meminta bantuan temannya yang tidak lain tidak bukan ya "orang dalam" itu,oke kuturuti..
Setelah bertemu,aku dibawa untuk diperiksa..daan,yang ada disana,orang-orang yang rasanya sudah ga punya harapan hidup,lemes,banyak kerutan di muka dan lusuh..aku cuma nunduk,ga tega..

Setelah diperiksa&disuruh ke lab,aku cepat-cepat pergi..
Di lab,dengan bantuan lagi,aku bisa cepat diperiksa,tapi walaupun begitu harus tetep nunggu..
Di saat nunggu,perasaan ni kok semakin ga karuan liat orang mondar-mandir dengan luka di tangan,bengkak di kaki,benjolan di muka..astaghfirullah,i should see that again..
Dan,pelajarannya kuambil dari sini..pas,diperiksa,sepertinya sang bu dokter galak berkacamata berambut merah tu tau aku dibantu..waktu mengeluh sakit,dia berkata dengan nada tinggi "mbak kalo kaya gitu trus,ini ga cepet selesai!yang di luar udah rame,kelamaan nunggu!"
Ya,aku tau,itu salah,aku pasti juga sebel kalo jadi mereka,tapi (waktu tu) apa mau dikata, ini demi..

Tidak ada komentar: